Jl Bratang Jaya No. 59 - Surabaya 031-502 0529 / 0811-888-9005 (WA) info@marckalaundry.com
Select Page

Halo sahabat marcka tentunya setiap dari kita pasti memiliki baju batik di koleksi pakaian yang kita miliki, tapi sudah tahu belum bagaimana cara mencuci baju batik dengan benar ?. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara cerdas dan sederhana mencuci baju atau kain batik yang kita miliki.

Kain batik secara umum memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kain pada umumnya. Komponen bahan dasar kainnya umumnya menggunakan kain katun, namun dalam proses pembuatan kain menjadi batik melalui proses penggambaran dan pewarnaan kain. Dalam proses penggambaran dan pewarna biasanya dilakukan cara manual, cap atau print dengan menggunakan mesin cetak kain.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mudah untuk mencuci dan merawat kain atau baju batik yang kita miliki.

  1. Gunakan sabun khusus

Untuk mencuci kain batik kita tidak bisa menggunakan sabun secara umum terlalu sering. Karena bahan kimia pada ditergen akan merusak pewarna kain batik dan membuat pudar jika digunakan secara terus menerus. untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan sabun khusus untuk mencuci kain batik yang beredar di pasaran atau bisa juga menggunakan shampoo untuk mencuci kain batik.

2. Hindari menjemur di bawah sinar matahari

Ini merupakan salah satu cara biasa digunakan untuk merawat semua jenis kain termasuk untuk merawat kain batik agar tidak cepat pudar. Sinar UV yang mengenai langsung pada lapisan permukaan kain akan merusak serat kain dan merusak warna pakaian secara perlahan.

3. Menjemur dengan membalik bagian dalam kain

Tips selanjutnya ini adalah saat menjemur pakaian atau kain sebaiknya menjemur dengan posisi bagian dalam kain. Hal ini untuk mengurangi efek samping dari sinar UV yang mengenai lapisan serat kain dan menjaga agar warna kain tidak cepat memudar.

4. Cuci Secara Terpisah

Menggunakan mesin cuci sah-sah saja untuk mencuci kain atau pakaian kesayangan anda tak terkecuali kain atau baju batik anda. Namun hindari mencuci kain batik dengan mesin cuci terlalu sering dan hindari mencuci batik dengan pakaian lainnya. Hal untuk menjaga agar warna kain tidak bercampur dengan warna pakaian lain yang bisa saja mempengaruhi warna dari batik.

5. Pakai pewangi

Tentunya setiap mencuci pakaian kita ingin pakaian yang sudah dicuci menjadi bersih dan wangi. maka gunakan pewangi khusus pakaian untuk menjaga kesegaran kain baju atau kain batik yang anda miliki.

Nah itulah beberapa tips mudah untuk mencuci dan merawat kain atau baju batik yang anda miliki. Anda bisa coba untuk mempraktekkan tips cerdas dari Marcka Laundry untuk mencuci kain batik di rumah.

Jika Anda tidak mau ribet dan bersusah payah untuk mencuci baju batik kesayangan ? Silahkan klik link berikut ini.